Hadapi Tahun Politik 2024, Ditbinmas Polda Jateng ke Polres Sragen, Cek Langsung FKPM di Desa Kedungupit

POLRES SRAGEN – Dalam rangka pengecekan implementasi strategi Polisi Masyarakat (Polmas) di Kewilayahan, dalam rangka menghadapi tahun politik 2024, Ditbinmas Polda Jateng datang langsung ke Polres Sragen.

Kunjungan Binmas Polda Jateng dipimpin Kasubdit Binpolmas AKBP Maulud didampingi sejumlah pejabat utama Binmas Polda Jateng, disambut Kasat Binmas AKP Jumadi mewakili Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama.

Team bersama-sama Kasat Binmas kemudian langsung menuju salah satu Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) di Balai Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen.

Bertempat di balai desa Kedungupit, team disambut Kades Kedungupit Eko Hartadi dan sejumlah perangkat desa.

Dalam sambutannya, Eko Hartadi menyatakan ungkapan terimakasih atas kunjungan jajaran Kepolisian pada salah satu Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) di Balai Desa Kedungupit wilayahnya tersebut.

“ saya menyampaikan selama saya menjabat Kades hingga sampai saat ini wilayah Kedungupit relatif aman dan kondusif, ini semua berkat kerjasama dan sinergitas dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat dan elemen masyarakat yang guyub rukun. Apabila ada permasalahan kita selesaikan dengan musyawarah dengan sebaik – baiknya dan tidak sampai ke ranah hukum. Perlu saya sampaikan pada saat masa pandemi kemarin kita bersinergi dan bekerjasama dengan Dinas kesehatan dalam membantu masyarakat yang terpapar Covid 19, “ papar Kades Eko Hartadi dalam sambutannya, Jumat (20/01/2023).

Sementara itu, AKBP Maulud dalam tanggapannya menjelaskan bahwa sebentar lagi jajaran Polri akan menghadapi pengamanan Pemilu 2024, dengan operasi kepolisian Mantap Brata tahun 2023. Dengan adanya tahun Politik tersebut, tentulah terdapat perbedaan pilihan dari warga masyarakat.

Dalam momentum itu adanya FKPM pastilah akan sangat membantu, bilamana terdapat perselisihan warga, agar permasalahan tidak berkelanjutan, dan selesai sebelum masuk ke ranah hukum.

“ Kedepan kita akan menghadapi pengamanan Pemilu 2024, ditandai dengan adanya operasi Kepolisian Mantap Brata 2023. Tentu momen itu sangatlah membutuhkan keberadaan FKPM sebagai forum yang memiliki peran penting dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi, “ ungkap AKBP Maulud.

Lanjut AKBP Maulud, peran FKPM, pada masa pemilihan umum mendatang sangatlah penting. Dimasa tersebut, suhu politik meningkat, sehingga dapat dipastikan, akan terjadi perbedaan pilihan antar warga. Agar permasahan tidak berkelanjutan, maka perlu peran FKPM dan petugasnya, yang terdiri dari TNI Polri serta perangkat Desa, membantu warga akan tidak terjerat hukum.

Hingga acara cek serta silaturahmi antara Ditbinmas Polda Jateng dengan para pengurus FKPM tersebut berlangsung lancar, diakhiri dengan foto bersama.

(Humas Polres Sragen Polda Jateng)